Rabu, 27 Februari 2008

ANGKA RAWAN TIDAK LULUS 25 %

MALANG - Diknas Kabupaten Malang meminta guru SD hingga SMA untuk lebih intensif dalam memberikan materi UN bidang studi IPA dan matematika. Kedua mata pelajaran tersebut menjadi prioritas, karena dari hasil try out pertama yang digelar Januari lalu banyak siswa tidak bisa mengerjakan soal. "Secara umum hasil dari try out kurang memuaskan. Rata-rata kelulusannya baru 75 persen," ujar Kepala Dikbud Kabupaten Malang Suwandi, ketika dikonfirmasi kemarin.

Suwandi mengatakan, angka kelulusan sebesar 75 persen dari try out pertama dinilai masih wajar. Karena soal yang diberikan kepada siswa terbilang rumit. Mayoritas soal yang diberikan sama dengan UN tahun lalu. "Hal itulah yang membuat siswa kesulitan dalam menjawab soal yang diberikan," terangnya.

Meski demikian, dengan hasil tersebut diknas khawatir apabila tidak ada persiapan yang matang sebelum pelaksanaan UN, maka angka kelulusan yang diraih pada 2007 lalu sebesar 95 persen akan mengalami penurunan. Padahal tahun ini diknas mematok angka kelulusan naik 2 persen atau menjadi 97 persen.

Selain pemberian materi UN untuk matematika dan IPA, Suwandi mengharapkan sekolah lebih sering melakukan try out. Langkah ini diperlukan agar para siswa terbiasa untuk belajar soal. "Minimal per sekolah melakukan try out empat kali," pintanya.

Terkait hasil mata pelajaran bahasa Inggris, Suwandi mengatakan bahwa rata-rata siswa sudah bisa mengerjakan. Namun demikian, guru bahasa Inggris juga harus tetap memberikan porsi materi yang setara dengan soal-soal yang akan keluar dalam UN nanti. Minimal sesuai dengan materi UN tahun lalu. "Kami yakin jika siswa mampu mengerjakan soal UN tahun lalu, target kelulusan 97 dapat terpenuhi," tegasnya. (gus/ziz)

3 komentar:

carpe diem mengatakan...

aww.

Wah pak Budi, justru yang paling kami rawankan, khususnya anak-anak jurusan bahasa, adalah Sastra Indonesia, dan Antropologi (mat juga sih, tapi bisa dipelajari dikit2 lah...).
sastra tuh relatif jawabannya, dan subyektif sekali. Sedangkan Antropologi...(try out kemaren bener2 bikin teler deh..). Masak murid harus apal ulos, debata kaci-kaci, dan segala macam adat
se-Indonesia...(masalahnya unas tinggal menunggu hari).


huks..
btw, Pak Budi tau nggak dimana bisa dapet soal antropologi? rada sulit nih dapetnya. Makasih.



cheerz,


ussi

Admin mengatakan...

4 Carpe diem...
Wah kalo soal Antro dan lain lain (yang baru di Unaskan pda tahun ini terus terang aja saya gak punya), tpi sekedar saran aja yach....
1. coba lihat SKL MP Unas
2. Coba sekedar cari di Searching Enggine tentang soal yang di UN kan
Thank's 4 U atention

Admin mengatakan...

Untuk soal Antropologi sabaaaaaar ya tak golekno nang searching enggine & tempat lainnya.
selamat belajar 4 All, sukses, dan semoga lulus semua ,,,,,, Amien