Minggu, 09 Desember 2007

sertifikasi Kota Malang

RADAR MALANG
Senin, 10 Des 2007
Kebut Diklat Sertifikasi

MALANG - BPSG (Badan Penyelenggara Sertifikasi Guru) Rayon 15 UM menggenjot pelaksanaan diklat. Setelah merampungkan pelaksanan diklat kuota 2006 yang berakhir 4 Desember lalu, BPSG langsung tancap gas melanjutkan diklat kuota 2007. Diklat ini digelar secara bertahap. Tahap pertama untuk guru SD digelar mulai kemarin dan akan berakhir 18 Desember nanti.

"Kami konsentrasikan dulu untuk guru SD, karena jumlahnya cukup banyak. Yakni, 2.199 guru dari total 5.000 peserta. Kalau total peserta diklat, saya tidak pegang data. Besok saja, datanya di kantor," kata Ketua BPSG Rayon 15 UM Mujianto, ketika dihubungi kemarin.

Dia mengatakan, setiap tahap akan berlangsung sembilan hari. Berikutnya untuk guru SMP dan SMA sederajat akan digelar setelah menyelesaikan tahap pertama. "Sistemnya sama, materinya tatap muka dan praktik. Termasuk juga sistem kelulusannya, dilaksanakan sampai dua kali," ungkapnya.

Sementara itu, dari pelaksanaan diklat kuoat 2006 sejumlah 1.362 peserta, BPSG belum bisa memberi data angka yang tidak lulus. Alasannya, BPSG masih melakukan penilaian. "Wah, kami belum bisa menyebut berapa yang tidak lulus. Prinsip, peserta yang tidak lulus masih kami beri kesempatan untuk mengikuti ujian lagi," katanya.

Hanya kapan pelaksaan ujian berikutnya, Mujianto belum memberi keterangan lebih lanjut. Dia hanya menegaskan, BPSG sekarang ini memang sedang kerja keras untuk menyelesaikan target yang diberikan pemerintah pusat. Ditetapkan, pelaksanaan sertifikasi kuota 2006 dan 2007 harus sudah selesai akhir Desember. Sebab, berdasarkan rambu-rambu yang diberikan dari pemerintah pusat, awal 2008 nanti sudah akan berlangsung sertifikasi 2008.

Pastinya, jika peserta sampai dua kali tes tetap tidak lulus, maka akan dikembalikan ke Diknas masing-masing. "Saya belum tahu pasti, apakah peserta kuota 2006 dan 2007 yang tidak lulus langsung bisa mengikuti sertifikasi tahun 2008," katanya. (hap/ziz)

Tidak ada komentar: